Jaringan Bisnis. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 3

Jaringan Bisnis. Dalam kegiatan berbisnis, kita memerlukan relasi bisnis. Sebagaimana manusia yang merupakan mahluk pribadi sekaligus mahluk sosial, bisnis kita juga merupakan hak pribadi yang harus berhubungan dan membaur dengan pihak lain. Maka di sini diperlukan pengenalan terhadap usaha pihak lain, sifat bisnis perusahaan lain dan menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan lain.

Jaringan Bisnis juga bisa memperkaya kazanah pengetahuan kita dengan mengenal lebih banyak orang dan mengetahui lebih banyak jenis usaha dan bisnis. Semua itu akan sangat berguna sebagai penunjang usaha kita.

 Bagaimana kita bisa membangun Jaringan Bisnis kita sendiri? Mari kita coba bahas satu per satu.

1. Kenali lebih banyak orang lagi.
Mari kita semua saling berkenalan. Bisa dengan berkomentar di bawah sini dengan mengenalkan diri masing-masing. Saya siapa, aktifitas saya sehari-hari apa, dan bagaimana orang-orang bisa menghubungi saya.

Jangan lupa untuk menyapa banyak orang. Saya juga lagi latihan ini untuk menyapa banyak orang. Ketika orang lain sedang melakukan kesalahan, ini malah merupakan kesempatan yang baik bagi kita untuk menegur dan menyapanya dengan baik.

Jauhi sikap berniat untuk memusuhi, arogan, sombong, tinggi hati, suka pamer, menindas, menganggap rendah orang lain, sangat suka memvonis, menjadi seorang hatter,  mencaci dan sikap-sikap lain yang membuat orang lain tidak nyaman. Sikap-sikap yang negatif membuat kita sulit membangun Jaringan Bisnis.

2. Jangan menganggap Jaringan Bisnis sebagai saingan. Karena yang sebenarnya terjadi kita semua adalah kawan, adalah relasi. Mari kita jauhi cara-cara licik dalam berbisnis. Tantang seberapa kreatif diri kita terhadap rintangan dan kompetisi dengan kompetitor yang kita hadapi. Dengan ini kita semua akan terus menerus menuju pada peningkatan diri yang baik.

3. Obrolan asik. Banyak-banyaklah menciptakan obrolan yang asik dan bermanfaat dengan banyak orang. Dengan mengobrol, kita bisa mendapatkan informasi dan kenalan lain yang bermanfaat. Obrolan juga membuat hubungan Jaringan Bisnis yang sudah terjalin bertambah akrab dan dekat.

4. Nongkrong dan HangUp. Nongkrong dan HangUp dengan kawan-kawan akan membawa kita pada orang-orang baru lagi. Kita bisa saling berkenalan dan mengetahui kegiatan satu sama lain.

5. Manfaatkan kegiatan pertemuan, meeting, seminar, pelatihan dengan pihak luar dan kegiatan-kegiatan sosial untuk mencari kenalan. Di sana kita akan bertemu orang lain yang tidak kita kenal, bisa jadi kawan duduk sebelah kita adalah orang yang tidak kita kenal. Dalam keadaan seperti ini, janganlah jadi orang yang canggung atau sibuk sendiri dengan gadget. Jadilah orang yang menyapa, mengenalkan diri, membuka obrolan yang hangat dan selalu tersenyum santun. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan-kesempatan penting seperti itu untuk Membangun Jaringan Bisnis.

6.  Mengenali diri. Hal ini yang sangat penting dalam bersosialisasi. Berkacalah, terlihat seperti apa diri kita ini? Renungkan perbuatan-perbuatan yang pernah kita lakukan, sikap-sikap yang pernah kita perlihatkan, perasaan yang pernah kita rasakan, kalimat-kalimat yang pernah kita ucapkan dan hal-hal lain tentang diri kita. Hingga kita tahu, siapa diri kita ini, bagaimanakah watak kita, seberapa pantas kita dihargai, seberapa kuat hati kita melawan sebagian pemikiran negativ kita sendiri. Semua akan menjelaskan dengan jelas kepada anda apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Sekian artikel tentang Jaringan Bisnis. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 3. Jika ada yang ingin menambahkan jangan sungkan mengirimkan komentar di kolom bawah berikut ini.