Memulai Usaha. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 2

Memulai Usaha. Sebagai pemula, kita pasti bingung untuk memulai bisnis. Ini hal yang sulit bagi kita. Tapi jangan suntuk dulu. Coba kita urai satu persatu. Biar tidak suntuk. Mari kita nikmati bisnis ini.

Hal pertama yang terpikirkan oleh saya, untuk membangun sebuah usaha baru adalah, apapun bangunannya, kita membutuhkan pondasi yang kuat. Pondasi usaha yang umumnya kita butuhkan adalah kendali modal, kemampuan sumber daya manusia, data/informasi/administrasi/dokumentasi yang jelas dan relasi yang kuat.

Semua itu akan memberikan kekokohan bangunan usaha kita. Jika ada salah satu elemen pondasi yang tidak terpenuhi, maka kekokohan pondasi bisa jadi tidak cukup kuat. Dari sini kita harus mulai memahami diri sendiri dan memahami embrio perusahaan. Dari beberapa elemen tersebut, elemen apa yang tidak bisa kita penuhi, karena pastinya kita sebagai manusia memeiliki kekurangan dan tidak mungkin melakukan segala hal secara bersamaan. Kita butuh mempekerjakan orang lain.

Jika kita merasa memiliki relasi yang kurang luas, kita bisa mempekerjakan orang-orang yang memiliki relasi luas untuk menutupi kekurangan kita dalam membangun usaha baru kita. Jika kita memiliki relasi yang luas, tapi kita tidak memiliki kemampuan administrasi yang baik, mungkin lebih baik kita mempekerjakan orang yang ahli dalam bidang administrasi saja. Jika kita memiliki kemampuan administrasi dan dokumentasi keuangan yang baik, tapi setalah melakukan pengenalan diri lebih lanjut, ternyata kita tidak cukup update terhadap informasi-informasi bisnis baru, lebih baik kita mempekerjakan orang yang update selalu dan mampu meberikan kita info terbaru untuk ide-ide penunjang pembangunan usaha kita.

Mari kita bahas singkat saja :

- Modal. Fungsinya sangat jelas, tanpa modal, mustahil usaha bisa terbangun dan tumbuh dengan baik. Maka butuh orang yang benar-benar mampu untuk mengelolanya.

- Skill SDM. Bagaimanapun usaha bisa dinyatakan masih hidup apabila ada aktifitas di dalamnya yang dilakukan oleh orang yang bekerja. Sebuah usaha akan terbangun dengan baik dan tumbuh dengan pesat jika SDM yang menggerakkannya terdiri dari oarang-orang berkualitas.

- Data, Informasi dan Dokumentasi. Kita jelas akan membutuhkannya untuk keputusan-keputusan yang akan kita ambil di masa mendatang. Data, informasi dan dokumen lama maupun baru akan sangat berguna dalam memberikan bahan-bahan pertimbangan untuk memutuskan solusi pada berbagai masalah yang akan kita hadapi. Dengan data dan informasi yang jelas kita bisa melihat masalah dengan lebih sederhana dan jelas ujung pangkalnya.

- Relasi. Walaupun kita sedang memulai usaha baru kita sendiri, yang mana kita akan benar-benar mandiri dalam mebangun dan mengelolanya, tetap saja kita akan berinteraksi dengan pihak lain di luar perusahaan kita. Maka dibutuhkan kemampuan interaksi dan relasi yang baik untuk memulai usaha dan mengembangkannya.

Sebagai persiapan memulai usaha, sebaiknya kita mulai melebarkan sayap relasi kita, mengenal lebih banyak orang tanpa pandang bulu, berinteraksi dengan banyak orang, membaur dan membuang rasa ego. Kita juga harus belajar teliti, memperinci, menulis dan mendata segala hal dengan baik demi mengadakan dokumentasi yang memadahi. Kita juga harus rajin melihat update terbaru, bisa lewat internet, TV, kabar tetangga, info dari relasi maupun obrolan di warung kopi. Yang terakhir, kita harus bisa menjadi pemimpin yang baik, bijak dan paham apa yang sebenarnya harus dilakukan, apa yang sebenarnya harus diputuskan dan apa yang sebenarnya terjadi. Pemimpin, dengan caranya harus bisa mengontrol apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga tanggung jawa-tanggung jawab itu bisa terselesaikan dengan baik walaupun orang lain yang mengerjakannya.

Sekian dulu artikel Memulai Usaha. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 2. Semoga bermanfaat.