MEMULAI USAHA BARU. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 4

MEMULAI USAHA BARU. Hi.. Sobat Profesional Laros. Nothing update for some day. Rasanya ingin update blog 3 sampai 5 posting per-hari. Tapi ternyata koneksi internet dan kesempatan belum memperlihatkan niat baik. Heheheee.... Lemot ancur internet kita ini.

Okay. Postingan kali ini tentang MEMULAI USAHA BARU. Tentu yang langsung terpikirkan bagi saya adalah Modal, Kulakan/Supply Barang, Pemrosesan dan Penjualan. Modal sudah jelas. Supply Barang juga sudah jelas. Penjualan juga jelas. Yang kurang jelas adalah tahap Pemrosesan, maksudnya diproses bagaimana ya? Mari kita bahas.


MEMULAI USAHA BARU membutuhkan beberapa persiapan yang sudah disebutkan di atas. Seringnya kita sudah mengatur modal, kulakan dan penjualan dengan baik dan melupakan pengaturan proses yang nantinya kita lakukan. Mau kulakan, sebaiknya kita punya aturan proses kulakan yang baik. Untuk proses kulakan jangka panjang, kita harus punya beberapa supplier, data-data mereka harus terdokumentasi dengan baik, kita harus menuslikan kapan saja kita beli ke supplier-supplier itu dilengkapi data-data lain seperti harga dan banyaknya barang. Kita harus memperhatikan dan mencatat proses itu di dalam pembukuan kita. Jika bingung dengan format standard pembukuan yang diajarkan di Perguruan Tinggi kerena mungkin sebagain dari kita tidak pernah kuliah, kita buat saja seperti buku cerita.

Kemudian, pemrosesan kontrol stok dan kegiatan produksi, juga harus direncanakan dan terdokumentasi dengan baik. Jadi di sini kita butuh prosedur yang baik, prosedur yang dipraktekkan dengan baik sehingga menghasilkan sesuatu seperti yang kita harapkan, tidak tiba-tiba melenceng dan terjadi hal di luar dugaan. Kita juga butuh laporan-laporan yang akurat dan bisa digunakan sebagai acuan penentuan keputusan di hari berikutnya.

Penjualan, dalam proses penjualan kita tahu ada banyak sekali sistem pembayaran, sistem pembayaran yang bagaimana yang bisa kita terima? Harus kita tentukan, dijadikan standard dan dilaksanakan dengan baik di dalam lingkup usaha baru kita. Kita juga bisa menawarkan pengiriman, pengiriman barang juga harus memiliki standard. Kita juga harus menentukan standard harga, pelayanan, jam transaksi, perhitungan barang, nota dan bukti bayar, pembayaran via Bank, kontrol hutang-piutang dan segala macamnya harus kita ketahui dan kita tentukan dengan baik untuk benar-benar memastikan kita melakukan bisnis dengan aman.

MEMULAI USAHA BARU, besar maupun kecil, jelas membutuhkan standard operasional yang jelas dan terperinci di setiap kegiatan bisnis. Hal ini menghindari kecelakaan, keteledoran, kelupa-an, penipuan, penggelapan atau bentuk-bentuk kehilangan lain yang bisa menimbulkan kerugian. Ini bisnis kita, dan kita harus menjaganya dengan sepenuh hati.

MEMULAI USAHA KECIL-pun tidak boleh diremehkan untuk tetap memperhatikan poin-poin di atas.