MULAI BERBISNIS. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 5 (PENUTUP)

Hey Profesional Laros, tibalah kita pada artikel terakhir untuk sesi Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri. Artikel penutup ini akan kita isi dengan penyemangat bagi kawan-kawan Laros Profesional agar segera memulai bisnis secepatnya.

Pada dasarnya pengetahuan dan kemampuan lebih detail akan kita peroleh setelah kita benar-benar terjun dan menghadapi masalah nyata nantinya. Sekian banyak artikel adalah penghantar dan penerang jalan awal semata. Begitu pula jika kita menghadapi masalah, bisa saja kita browsing internet, bertanya kepada teman ataupun keluarga untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tapi pada dasarnya masalah yang kita hadapi di lapangan lebih sering memiliki hambatan dan titik-titik kesulitan yang lebih kompleks. Bagaimana menghadapi masalah nyata ini dengan artikel dari internet dan saran dari sanak sahabat yang hanya berbentuk teori? 

Berikut kuncinya : Pantang Menyerah.

Dalam mulai berbisnis, pantang menyerah bisa kita terapkan pada dua titik penting, ketika kita merasa sedang berusaha dan ketika kita sedang merasa gagal.

TEORI        : di dalam dunia teori kita tahu bahwa 3 + 2 = 5
PRAKTEK : di dalam faktanya, kita akan membangun angka 5. Lalu kita berusaha dengan susah payah, membanting tulang dan memeras keringat. karena usaha yang baik kita bisa memperoleh angka 3. Hufhh.. Alhamdulillah.

Untuk membangun angka 5, kita sudah memiliki angka 3 dan membutuhkan angka 2. Maka kita kembali berusaha keras mengikuti prosedur-prosedur yang ada untuk mendapatkan angka 2. Namun ternyata kita tidak berhasil mendapatkannya. Kita punya angka 3 tapi tidak bisa menambahkannya dengan angka 2, apakah berarti kita tidak bisa membangun angka 5 kita??

Jika kita mengikuti teori bahwa 3 + 2 = 5, berarti pupus sudah harapan kita untuk membangun angka lima kita karena kita tidak memiliki angka 2. Ini keadaan yang sangat berbahaya bagi kita, kita bisa putus dan mati di titik ini. Kita bisa menyerah dengan mudah bila terkelabuhi teori semacam ini. Teori di atas adalah satu jalan. Tidak adakah jalan lain? Mari kita luaskan pikiran dari sekedar teori sekolah kita ini. Kita tidak boleh menyerah.

Dalam dunia bisnis, keadaan bisa berbeda sobat. Kita punya angka 3 dan kita akan membangun angka 5 kita. Kita berusaha mendapatkan angka 2, tapi ternyata gagal. Apa yang bisa kita perbuat? Yang jelas, pada akhirnya kita harus mengevaluasi kenapa kita tidak bisa mendapatkan angka 2 tersebut.

Tapi yang lebih penting untuk dipikirkan secepatnya adalah adakah cara lain untuk membangun angka 5? Kita punya angka 3, kita bisa mengolahnya menjadi 3 + 6 - 4 maka kita akan mendapatkan angka 5 kita, atau 3 + 1 + 1, kita juga akan mendapatkan angka 5 kita.

Begitulah kiranya perbedaan dunia parktek dan dunia teoritas yang saya pahami. Saya harap anda pun bisa memahaminya. Dari sana kita bisa menganggap bahwa bisnis bisa kita lakukan di Dunia Praktek yang didukung oleh Dunia Teoritas dalam artian Teoritas tidaklah patut dijadikan sebagai satu-satunya tumpuan utama.

Sebagai pendukung kita MULAI BERBISNIS, mari kita tengok kembali dunia teoritas pendukung kita.

- Teori menyikapi ide bisnis dengan modal kecil
http://profesional-banyuwangi.blogspot.com/2013/06/ide-bisnis-modal-kecil-untuk-usaha.html

- Teori menyikapi memulai usaha dengan modal kecil
http://profesional-banyuwangi.blogspot.com/2013/06/memuali-usaha-ide-bisnis-modal-kecil.html

- Teori membangun jaringan bisnis
http://profesional-banyuwangi.blogspot.com/2013/06/jaringan-bisnis-ide-bisnis-modal-kecil.html

- Teori perihal menjalankan usaha baru dan usaha kecil
http://profesional-banyuwangi.blogspot.com/2013/06/memulai-usaha-baru-ide-bisnis-modal.html

Mari kita kibarkan bendera bisnis kita segera. Karena bisnis kita sesedikit apapun dampaknya tetap akan mampu mendukung perokonomian Negara. Perekonomian Negara yang baik akan ikut menggerakkan Perekonomian Dunia.

Sekian artikel MULAI BERBISNIS. Ide Bisnis Modal Kecil untuk Usaha Mandiri #Part 5 (PENUTUP)