PENGERTIAN BISNIS. DEFINISI BISNIS. BISNIS BANYUWANGI

Pengertian Bisnis. Kali ini kita akan membahas definisi bisnis. Banyak sekali Lare-lare Osing yang mulai membangun bisnis setelah mereka menyelesaikan pendidikan formal mereka, bahkan ada juga yang sebelum menyelesaikan pendidikan formal sudah mulai menjajaki dunia usaha. Bagaimana tidak, dunia usaha terlihat begitu seru dan asik bagi kaula muda.

Namun perlu kiranya semangat membara para kaula muda akan berlaku bisnis  ini dibarengi dengan pengetahuan tentang seluk-beluk dan pengertian bisnis.


Pengertian bisnis, menurut id.wikipedia.org per tanggal 2 Juni 2013 adalah "Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan"

Ada dua hal yang menonjol di sana, yaitu kegiatan/kesibukan dan laba/keuntungan. Jadi apapun kegiatan kita yang tujuannya untuk memperoleh laba (umumnya dipahami sebagai laba materi) bisa dikatakan Bisnis. Jadi, orientasi kegiatan bisnis kita adalah keuntungan yang pada umumnya dipahami sebagai keuntungan material. Selanjutnya hal ini sangat penting kita pegang untuk keputusan-keputusan yang akan kita ambil dalam berbisnis. Segala hal yang kita lakukan adalah untuk keuntungan-Bisnis Main Set-

Untuk memulai suatu bisnis, kita jelas perlu modal. Di sini merupakan peran utama pengertian bisnis akan berjalan. Karena apapun yang kita hadirkan, harus untuk keuntungan dan apapun yang bisa membuat kita memperoleh keuntungan harus kita hadirkan. Kegiatan pengadaan pun harus terkontrol dengan penghematan biaya yang termonitoring dengan baik. Lare-lare pebisnis harus benar-benar memperhatikan lingkup bisnisnya, apa yang benar-benar diperlukan untuk mencapai keuntungan, hadirkanlah. Jangan sampai kita salah menilai karena kurang perhatian sehingga kita menghadirkan hal-hal tertentu dangan biaya mahal yang tidak membuat kita mendapatkan keuntungan.

Untuk memenuhi ketentuan tersebut kunci sukses dari seorang pebisnis adalah perhatian. Perhatikanlah bisnismu dari berbagai sudut pandang. Jika kamu sebagai boss, jika kamu sebagai karyawan, jika kamu sebagai pelanggan, jika kamu sebagai kurir, jika kamu sebagai orang yang sekedar lewat, jika kamu sebagai tetangga, jika kamu sebagai pemodal/investor dan mungkin jika kamu sebagai orang ke-tiga lainnya.

Jadi dalam mengawasi bisnismu, perhatianmu lebih luwas, lebih menguasai arena dan menghasilakn kesimpulan dan keputusan yang lebih akurat.

Mulailah berbisnis dengan segala kerendahan hati dengan mendengarkan banyak orang sehingga terbukalah cakrawala pemikiran kita.