Kerjasama Usaha, dengan Teman itu Menguntungkan atau Tidak?

Kerja Sama Usaha. Terkadang memang bekerja sama dengan teman atau saudara untuk membangun sebuah usaha terlihat lebih realistis daripada ketika kita berpikir untuk membangun bisnis kita sendirian. Kita bisa patungan modal, kita juga bisa bertukar pikiran ketika mengalami masalah, tanggung jawab terasa lebih ringan dan banyak keuntungan lain ketika kita melakukan kerjasama bisnis. Karena itu saya tertarik sekali untuk membahas tema ini.

Mari kita awali pembahasan Kerja Sama Usaha dengan perbandingan poin-poin kelebihan dan kekurangan dari Kerja Sama Usaha.

Kelebihan Kerja Sama Usaha :
- Modal bisa patungan.
- Wawasan lebih luas dengan 2 atau lebih pemikiran.
- Penanganan usaha bisa diatasi dengan 2 orang atau lebih dg skill masing-masing.
- Segala permasalahan bisa didiskusikan bersama dan penyeleasaian akan terasa lebih ringan.
- Resiko yang terjadi bisa ditanggung bersama.
- Lebih nyaman karena tidak merasa menanggungkan beban bisnis sendirian.

Kekurangan Kerja Sama Usaha :
- Resiko terjadinya konflik dengan kawan kerja sama.
- Penghasilan usaha harus dibagi dua.
- Segala keputusan tidak bisa diambil sendirian karena harus berkoordinasi dengan kawan kerja sama.
- Pemikiran pribadi tidak selalu terpakai.
- Nilai kuasa pada bisnis berkurang.

Jika kita siap menghadapi dan menerima kekurangan Kerja Sama Usaha tersebut, maka kita juga akan mendapatkan banyak manfaat dan nilai plus Kerja Sama Usaha.

Secara umum Kerja Sama Usaha sangat menguntungkan. Tapi kita harus berpikir dengan siapa kita akan melakukan Kerja Sama Usaha. Hal ini harus kita perhatikan dengan cermat. Pemilihan partner Kerja Sama Usaha adalah untuk meminimalisir resiko konflik internal dan kekompakan untuk menentukan lajur bisnis di masa mendatang. Dia adalah orang yang sebaiknya klop dengan kita meski memiliki banyak perbedaan sifat, karakter dan tingkah dengan kita. Dia adalah orang yang sebaiknya saling mengerti dg kita meski banyak pemikiran, wawasan dan sudut pandang yang berbeda. Justru segala perbedaan kita dengan kawan kerja sama akan membuat kita saling mengisi sehingga usaha kita akan terpondasi dengan baik.

Selain itu, sebaiknya segala hal-nya dibicarakan terlebih dahulu, tentang pembagian keuntungan, nilai patungan modal, cara pembayaran kepada supplier maupun pembayaran dari customer, sistem stock dan kendali keuangan dan segala hal tentang operasional usaha baru kita. Segalanya harus dibicarakan bersama dan dilaksanakan sesuai persetujuan bersama.

Bila di tengah perjalanan kita mendapatkan masalah dalam Kerja Sama Usaha kita bisa membicarakannya kembalidan mencapa persetujuan bersama lagi. Segalanya akan terasa lancar bila dilakukan secara harmonis dan tidak egoistis.


Demikian artikel "Kerjasama Usaha, dengan Teman itu Menguntungkan atau Tidak?". Semoga bermanfaat.