Pemasaran Jasa Bordir Manual #Spesial001

Pemasaran. Kembali kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran. Kali ini kita akan membahas Pemasaran dengan acuan yang dipersempit lagi, yaitu Pemasaran jasa bordir.

Beberapa hari lalu kita mendapatkan sebuah pernyataan dari Bu Sri Mulyati Yanti via Facebook di Halaman Jalawangi kita sebagai berikut  "saya punya keahlian bordir, tolong bantu saya cara pemasaran-nya ya"

Untuk Bu Yanti yang memiliki keahlian bordir kain saya berikan beberapa info dan saran yang mungkin bisa diperhatikan.
Pada dasarnya bordir sangat diminati masyarakat. Banyak sekali masyarakat yang menginginkan pakaian dengan hiasan bordir. Jika hasil bordiran memiliki kualitas yang bagus pasti akan menarik perhatian banyak orang.

Perlu diketahui juga bahwa sekarang telah banyak usaha bordir komputer yang pada umumnya memberikan hasil yang labih baik, cepat dan rapih daripada bordir manual. Ini merupakan tantangan  jika memang anda mantap ingin menekuni usaha ketrampilan bordir anda. Mesin bordir komputer akan membordir kain sesuai dengan pola yang didesign pada software khusus di komputer. Jadi setelah design dibuat, kain dibidangkan, mesin bisa dijalankan secara otomastis menurut pada pola yang telah didesign sebelumnya. Mesin jenis ini memiliki beberapa macam, ada yang hanya satu kepala saja, ada yang dua kepala dan bahkan ada yang sampai memiliki 24 kepala, itu artinya sekali jalan mesin akan menghasilkan 24 kain bordiran sekaligus dengan pola yang sama persis. Di Banyuwangi sendiri diperkirakan telah ada lebih dari 6 usaha bordir komputer.

Namun info diatas bukanlah untuk mengecilkan hati Bu Yanti sehingga putus asa dan berhenti dengan niatan usaha bordir manual karena merasa saingan si bordir komputer yang begitu tangguh. Info diatas hanya untuk berbagi info dan wawasan kita saja. Bagi seorang bisnisman yang cerdas, apapun info baru yang didapat akan menjadi acuan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan.

Mari kita contoh sikap seorang bisnisman. Kita harus menggunakan pengetahuan tentang bordir komputer di atas sebagai acuan kegiatan yang akan kita kerjakan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Membuat Brand Bordiran Anda Sendiri.
Artinya anda akan membuat kain bordiran sebagai bahan pakaian dan diberi merek. Lalu anda menjual hasil bordiran bermerek itu ke pasaran/para calon pembeli. Untuk mewujudkan ini anda harus benar-benar yakin bahwa hasil bordiran anda bagus, unik, menarik dan dapat diterima masyarakat. Di sini anda harus tahu warna-warna kain dan motif pola yang banyak disukai masyarakat. Kelak jika anda benar-benar pantang menyerah mengerjakannya, merek bordiran anda akan dikenal banyak orang dan akan mampu mencuri perhatian masyarakat. Boleh jadi meskipun teknologi bordir komputer semakin maju, pelanggan anda akan tetap membeli kain bordir anda karena merek bordiran anda tetap ada di hati mereka.

2. Membangun Jaringan Bisnis dengan Para Penjahit
Disini penting juga untuk membangun hubungan yang  baik dengan sebanyak mungkin para penjahit. Para penjahit adalah orang-orang yang sering berhubungan langsung dengan calon konsumen anda. Datangilah para penjahit. Bertamulah denga cara baik-baik dan menawarkan jasa bordir mungkin saja ada pelanggan para penjahit itu yang menginginkan baju pesanannya dihiasi bordiran, kita bisa menangani pesanan bordiran tersebut. Bertukarlah nomor HP, jika perlu, buatlah kartu nama sehingga hubungan baik akan berlangsung untuk waktu-waktu berikutnya. Berkunjung ke para penjahit pun jangan cuma sekali, kunjungi mereka secara rutin dengan cara bertamu baik-baik sehingga hubungan bisnis akan berlangsung dalam jangka waktu yang semakin lama.

Kalaupun nantinya ada beberapa penjahit yang belum terjalin bisnis walau sudah dikunjungi berkali-kali, tidak jadi masalah. Semakin banyak kenalan dan teman akan menambah luas wawasan kita.

Anda juga bisa menggabungkan dua metode di atas. Anda menerima order pesanan bordir, membuat kain bordiran dengan merek anda sendiri dan menjualnya, lalu menjalin kerjasama dengan para penjahit untuk menawarkan jasa bordir dan menjualkan kain bordiran merek anda juga pada penjahit itu. Barangkali pelanggan para penjahit ingin pesan baju, penjahit bisa menawarkan kain bordir merek anda kepada mereka, tentu harus ada perjanjian kerjasama dan komisi yang disetujui bersama dengan para penjahit.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada Bu Yanti dan para pelaku ketrampilan bordir kain manual. Semoga bermanfaat.