Riset Pemasaran. Pengenalan dan Pemahaman Tentang Pemasaran (Part 2)

Reset Pemasaran. Semakin dalam lagi dalam mengenal Pemasaran, kita akan mengenal istilah Riset Pasar. Riset Pasar sangat penting untuk proses penanganan pemasaran kita. Dalam penanganan pemasaran kita, kita akan mengambil banyak sekali keputusan yang beresiko dalam masalah penentuan harga, jalur promosi, distribusi, design produk, hingga ke komposisi kandungan produk.

Pengertian Riset Pemasaran adalah pengumpulan data yang akurat tentang pasar dan konsumen/potensial konsumen sebagai bahan mengambil keputusan dalam penangan pemasaran sebuah produk. Lagi-lagi pengertian di atas memakai susunan kata-kata saya sendiri yang saya simpulkan dari beberapa artikel ttg riset pasar yang sudah saya baca. Jadi yang menjadi fokus perhatian kita adalah pasar dan konsumen, kita akan mengumpulkan data tentang mereka. Selain dengan mendengar kebutuhan dan keinginan pelanggan secara langsung, kita juga perlu memperhatikan beberapa faktor yang memiliki pengaruh cukup kuat kepada kebutuhan pelanggan/potensial pelanggan. Berikut diantaranya :

1. Riset Pemasaran Faktor Mikro
Adalah faktor yang melingkupi produk dan konsumen/potensial konsumen secara langsung. Diantaranya :

- Harga produk pesaing dan harga yang diinginkan konsumen/potensial konsumen.
- Design produk pesaing dan design produk yang diinginkan konsumen/potensial konsumen.
- Program promosi pesaing dan program promosi yang diinginkan konsumen/potensial konsumen.
- Kekurangan dan kelebihan produk pesaing dari sudut pandang para konsumen/potensial konsumen.
- Jumlah, umur dan jenis kelamin konsumen/potensial konsumen.
- Daya beli para konsumen/potensial konsume.

2. Faktor Riset Pemasaran Makro
Adalah faktor yang mencakup informasi lebih luas diluar faktor mikro sehingga tidak menyentuh langsung pada pasar dan konsumen/potensial konsumen.

- Sosial Politik.
- Budaya, gaya hidup dan pola pikir masyarakat suatu daerah.
- Cuaca, Musim dan iklim.
- Hal-hal tentang keagamaan.
- Kemajuan IPTEK.
- Berita yang sedang hangat dibicarakan dan trend masyarakat.

Dalam prakteknya kebanyakan di perusahaan besar, para staf dibagi tugas dalam mengumpulkan informasi mikro. Sedangkan Manajer menghimpun informasi faktor makro dan membuat berbagai keputusan sesuai hasil riset pasar yang telah dilakukan oleh Tim Pemasar tersebut.

Tanpa adanya informasi yang akurat akan keadaan pasar, sangat sulit bagi Manajer Pemasaran tersebut untuk mengambil keputusan-keputusan penting semisal menentukan harga. Seperti juga hakim yang memerlukan informasi dan perincian jelas dari para penuntut umum, pembela, saksi dan bukti tentang sebuah kasus sehingga dia bisa mengambil keputusan bersalah atau tidak bersalah beserta hukuman yang dikenakan dalam sebuah proses pengadilan.

Segala keputusan sebaiknya didasari informasi yang jelas dan lengkap.

Jadi sebaiknya, sebelum melakukan sebuah program pemasaran, bahkan sebelum membangun usaha baru, sebaiknya kita telah memiliki data faktor makro dan faktor mikro seakurat dan selengkap mungkin.

Sekian artikel Riset Pemasaran. Pengenalan dan Pemahaman Tentang Pemasaran (Part 2). Semoga bermanfaat.